Senin, 25 November 2019

Teknologi Jadul Paling Berkesan, Ada Yang Kamu Kenal?!

Teknologi Jadul Paling Berkesan, Ada Yang Kamu Kenal?!
Sumber gambar : pixabay

Sebelum era teknologi yang saat ini semakin canggih, tentunya ada teknologi pendahulu yang tidak kalah menarik. Mahasiswa kuliah kelas karyawan tentunya sangat memahami, jika tidak ada teknologi canggih yang tercipta begitu saja karena semuanya memerlukan proses. Saat ini mungkin kita mengenal smartphone, salah satu alat tercanggih untuk melakukan komunikasi. Namun sebelum menjadi smartphone, teknologi untuk melakukan komunikasi masa lalu lebih sederhana.

Meski terbilang sederhana, teknologi di masa lalu memiliki kesan tersendiri. Berikut ini ada beberapa teknologi jadul menarik yang sangat berkesan dan berkelas pada masanya:

Disket (Floppy Disk)

Sebelum era flashdisk atau MMC, perangkat satu ini banyak digunakan untuk menyimpan berbagai dokumen maupun file dari komputer. Alat yang satu ini sangat disukai masyarakat di masanya, bahkan pernah terjual lebih dari 5 miliar tiap tahunnya (puncaknya di pertengahan tahun 1990).

Disket sendiri memiliki ukuran 8 inch atau sekitar 20 cm, pengembangnya IBM diciptakan sebagai pengganti tape drive  di akhir tahun 1960-an. Alatnya dibuat secara komersial tahun 1970-an, kemudian di tahun 1981 Sony ikut menciptakan disk berukuran 3,5 inch atau 9 cm.

Tahun 1984, hadir disket high-density untuk PC dengan kapasitas penyimpanan 1,2 MB. Di masanya, kapasitas tersebut tentu sangat mengesankan. Namun seiring waktu berjalan, disk sudah tidak digunakan dan orang-orang lebih memilih flashdisk. Jika dilihat dari segi kapasitas serta ukuran, tentunya alat ini jauh lebih sempurna dibandingkan dengan disk.

Mahasiswa blended learning jurusan teknologi tentu lebih tahu, bahwa ada teknologi lain yang dapat menyimpan data dengan jumlah lebih besar dibandingkan flashdisk bernama cloud storage.

Piringan hitam (Vinyl)

Sebelum era CD maupun kaset pita, piringan hitam sudah terkenal lebih dulu di kalangan penikmat musik. Salah satu teknologi yang dapat menyimpan suara ini telah hadir sejak seratus tahun lalu di wilayah Eropa.

Di Indonesia sendiri (khususnya di Jakarta), perangkat ini banyak digandrungi tahun 1954 hingga era 1960-1970-an. Meski kalah canggih dengan teknologi smartphone yang bisa melakukan fungsi yang sama, namun belakangan ini Vinyl kembali banyak diburu oleh beberapa orang.

Kaset pita/kaset tape

Mahasiswa kuliah kelas karyawan jurusan teknologi mungkin sudah tidak mengenal perangkat ini, yakni kaset pita. Sebelum era CD atau MP3, kaset pita banyak digunakan untuk  merekam audio. Perangkatnya sendiri dikenalkan tahun 1963 di Eropa, kemudian diproduksi tahun 1964 secara masal di Jerman. Di tahun 1965, berbagai file musik maupun rekaman meluas di wilayah Eropa dalam bentuk kaset pita.

Mesin ketik

Sebelum adanya laptop atau komputer, para pendahulu menggunakan mesin tik atau mesin ketik untuk menuliskan ide atau gagasan yang dimilikinya. Perangkat ini hadir sejak tahun 1868, menjadi teknologi yang digunakan untuk menyusun huruf, angka, dan berbagai simbol pada kertas.

Pada masanya, teknologi ini amat populer terutama di kalangan pekerja dan mahasiswa (termasuk di Indonesia pada masa kolonial). Meski masuk teknologi jadul, sama halnya dengan pager, mesin tik masih digunakan di sejumlah instansi pemerintahan untuk mengerjakan beberapa tugas khusus.

Pager/radio panggil

Sebelum zamannya smartphone, mahasiswa blended learning jurusan teknologi harus tahu alat satu ini. Pager atau radio panggil menjadi salah satu alat komunikasi jinjing bergengsi pada masanya, telah ada sejak tahun 1950-an dan 1960-an.

Di Barat sendiri teknologi ini banyak digunakan tahun 1980-an, sedangkan di Indonesia banyak digandrungi tahun 1990-an.  Perangkatnya sendiri mampu menerima dan menampilkan pesan, dalam bentuk numerik atau alfanumerik serta suara melalui jaringan radio.

Meski terbilang jadul, teknologi ini masih belum punah sepenuhnya. Perangkatnya sendiri masih digunakan untuk berbagai bidang tertentu seperti layanan sosial masyarakat, pemadam kebakaran, dan lainnya karena lebih efektif digunakan pada kondisi darurat dibanding telepon seluler.

Walkman

Walkman merupakan alat pemutar audio dan video portable, alat yang satu ini bisa dibawa kemana saja. Alatnya sendiri diciptakan oleh perusahaan Sony, pertama kali dipasarkan pada tahun 1979 di Jepang.

Pada masanya, orang yang membawa teknologi satu ini terlihat sangat keren. Namun saat ini, teknologi satu ini Sudah jarang atau bahkan langka untuk ditemukan. Masa ini kita mengenal teknologi disk, salah satu alat yang sangat berguna untuk menyimpan audio dan video. Bahkan teknologi disk juga jarang digunakan, pasalnya saat ini berbagai aplikasi sudah tersedia lengkap di dalam smartphone.

Selain beberapa nama teknologi yang telah disebutkan, masih ada banyak teknologi jadul berkesan lainnya yang luput dari perhatian masyarakat kala ini (seperti Overhead projector (OHP), Kaset video VHS, Telepon engkol (rotary telephone), dll).

Bagi yang mengikuti kuliah kelas karyawan, harusnya sudah tidak asing dengan berbagai jenis teknologi di atas. Jika kamu masuk kategori pengguna teknologi tersebut, bisa disebutkan berbagai teknologi jadul berkesan lainnya di kolom komentar.


0 komentar:

Posting Komentar