Jumat, 06 Desember 2019

4 Tips Dasar Investasi Bagi Pemula


4 Tips Dasar Investasi Bagi Pemula

Investasi akan terasa mudah jika Anda mengetahui tips investasi pemula. Pada dasarnya, investasi memang tidak sulit untuk dilakukan. Semua kalangan usia dapat berinvestasi di manapun dan kapanpun.

Investasi adalah salah satu cara untuk mendapat keuntungan di masa mendatang. Karena investasi memang bertujuan untuk jangka panjang. Tahukah Anda, investasi bukan sekadar untuk pemodal besar. Ya, pemula atau bahkan anak mudah sekali pun bisa melakukan investasi. Nah agar memiliki gambaran, berikut akan diuraikan mengenai tips investasi untuk pemula.

1.      Melakukan Riset

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin berinvestasi adalah melakukan riset. Riset dilakukan sesuai dengan kebutuhan calon investor. Selain itu, mencari tahu detail risiko juga tidak boleh dilewatkan. Karena besarnya risiko suatu instrumen setimpal dengan keuntungan yang akan diperoleh.

Beberapa investasi yang memberikan keuntungan banyak antara lain saham, obligasi, reksadana, sukuk ritel, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga investasi tradisional seperti emas, tanah, properti, dan lainnya.

2.      Kumpulkan Dana

Jika sudah menentukan investasi apa yang akan dilakukan, Anda tinggal menyiapkan dana untuk eksekusinya. Dana untuk investasi bisa dikumpulkan dengan menyisihkan uang secara rutin. Perilaku ini sangat berguna bagi calon investor sebagai latihan. Karena dalam berinvestasi, perlu adanya sikap konsisten agar sukses.

3.      Mulai Investasi

Investasi tidak akan sukses jika hanya direncanakan tanpa langkah nyata. Setelah mengetahui jenis investasi yang dituju dan mengumpulkan dana. Tentu saja yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah berinvestasi. Memulainya lebih awal menjadikan kesuksesan lebih dekat dengan Anda. Yup, jangan menunggu tua untuk sadar akan pentingnya investasi.

4.      Bersabar

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah bersabar saat menunggu hasil investasi. Investasi memang dilakukan untuk tujuan jangka panjang. Misalnya jika Anda membeli reksa dana ataupun saham, minimal lima tahun kemudian hasilnya baru akan didapat. Sedangkan investasi tradisional berupa tanah, 20 tahun kemudian Anda baru mendapatkan hasilnya.

Itulah beberapa ulasan yang dapat menjadi salah satu tips investasi pemula. Jika sudah mengetahui kiat-kiatnya, semoga Anda tidak bingung dalam berinvestasi.


0 komentar:

Posting Komentar