Rabu, 31 Januari 2018

Manfaat Tersembunyi dari Bir Hitam

Manfaat Tersembunyi dari Bir Hitam

Guinness adalah bir hitam asal Irlandia yang telah dikenal di seluruh dunia. Bir Guinness Can bahkan diseduh di berbagai negara dan dijual di lebih dari 150 negara. Dibalik kelezatannya yang begitu menggoda, ada sejumlah fakta menarik mengenai bir ini.

Bagi sebagian orang yang belum tau mengenai bir Guinness hitam ini, pasti akan mengira bahwa minuman ini hanya membuat seseorang mabuk. Padahal minuman beralkohol ini memiliki begitu banyak manfaat, selain memberikan kenikmatan bagi yang meminumnya.

Menurut penelitian, bir memiliki sejumlah antioksidan alami dan vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung,  bahkan membangun kembali otot.

Namun, Meskipun memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tersembunyi, kamu tetap harus bijak dalam mengonsumsinya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan hasilnya pasti tidak akan baik. Berikut ini beberapa manfaat dari bir Guinness hitam yang perlu kamu ketahui.

Beberapa Manfaat Tersembunyi dari Bir Guinness Hitam

Sumber vitamin

Bir Guinness memiliki sejumlah antioksidan alami dan vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Bir Guinness mengandung beberapa jenis vitamin B, kaya kalsium, selenium, dan magnesium.

Berdasarkan penelitian bir hitam bisa memberikan manfaat yang lebih baik. Bir hitam mengandung zat besi bebas yang lebih baik dibandingkan bir.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitian, orang yang tidak minum bir akan terserang flu tiga kali lebih cepat. Konsumsi bir dalam kadar tertentu dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi. Hal ini disebabkan adanya kandungan antioksidan dalam gandum sebagai bahan dasar pembuatan bir.

Mencegah anemia

Seperti yang disinggung di atas, bir Guinness memang termasuk jenis minuman yang mengandung beragam sumber vitamin. Bir bisa membantumu mencegah anemia, karena kandungan vitamin B12 dan asam folat. Penting juga dalam menjaga pertumbuhan, konsentrasi, dan ingatan yang normal.

Membuatmu bugar

Banyak orang khawatir buncit setelah minum bir. Hal ini terjadi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan dengan kadar alkohol yang cukup tinggi. Apabila kamu meminumnya secara tepat dan tidak berlebihan, maka perutmu malah tampak lebih baik.

Melindungi otak

Bir Guinness bisa melindungimu dari penyakit alzheimer dan parkinson. Karena kandungan yang ada dalam bir, bermanfaat sebagai antioksidan dan antikanker. Hal ini bisa memperlambat perkembangan penyakit saraf degenaratif.

Memperkuat tulang

Bir bisa membuat tulang jadi lebih kuat. Karena bir menjadi sumber yang sangat baik dari silikon bioavailable, jika kamu konsumsi bir Guinness secara bijak.

Bir membuat kamu bahagia

Beberapa peneliti menemukan bahwa molekul kunci dalam bir, Hordenine, menstimulasi otak kamu dengan cara yang membuat kamu merasa lebih bahagia.

Bir mengandung kalori rendah

Bir rendah kalori, rendah karbohidrat dan tidak mengandung lemak atau kolesterol. Perlu diketahui bahwasanya dua belas ons Guinness mengandung jumlah kalori yang sama dengan 12 ons susu skim.

Bir tidak membutuhkan pengawet atau aditif

Bir memiliki kealamian yang sama seperti jus jeruk atau susu. Dan bir juga tidak membutuhkan pengawet karena memiliki alkohol dan hop, yang keduanya merupakan pengawet alami. Bir hanya diproses dengan cara dimasak dan difermentasi, kemudian disaring dan dikemas.

Bir penuh dengan serat

Sementara rata-rata satu liter bir mengandung sekitar 20 persen dari dosis harian yang direkomendasikan dari serat, bir berkualitas baik bisa mengandung hingga 60 persen dari asupan serat harian kamu.

Tidak hanya membantu fungsi usus kamu, bir Guinness juga membantu mencegah pembentukan batu ginjal, dengan menghindari pembentukan endapan kalsium di sana.


0 komentar:

Posting Komentar